GAMEFINITY, Jakarta – Layanan PlayStation Network (PSN) dikabarkan mengalami gangguan layanan hingga belasan jam sejak Jumat (7/2) lalu. Gangguan tersebut menyebabkan ribuan pengguna layaran tersebut tidak dapat mengaksesnya secara online.
Gangguan layanan PSN ini awalnya muncul di wilayah Inggris sekitar tengah malam. Pengguna dilaporkan kehilangan akses ke lobi permainan, ke toko digital PlayStation Store dan juga tidak bisa mengakses akun yang mereka miliki.
Permintaan Maaf Sony dan Kompensasi Atas Gangguan PlayStation Network
Setelah ramai terkait laporan gangguan layanan tersebut, Sony pun meminta maaf kepada para penggunanya. Selain itu, pihaknya juga memberikan kompensasi yang menarik untuk para pengguna.
“Layanan jaringan sudah kembali beroperasi secara penuh setelah mengalami masalah operasional. Kami meminta maaf atas ketidaknyamannya,” dikutip dalam sebuah postingan di akun X Sony.
Sony tak memberikan penjelasan terkait penyebab downnya layanan PlayStation Network tersebut. Layanan tersebut baru berjalan secara normal pada Sabtu (8/2) malam.
Baca Juga:
Melansir dari laporan Downdetector, downnya layanan PSN ini berdampak pada 7.939 pengguna di wilayah Amerika Serikat dan 7.336 pengguna di wilayah Inggris.
Sebelumnya, layanan PSN ini juga pernah mengalami down pada tahun 2014 lalu. Layanan miliki Sony tersebut sempat terkena serangan siber sehingga jaringan tersebut offline selama beberapa hari pada saat musim liburan.
Kompensasi Sony kepada Penggunanya
Dengan adanya kasus tersebut, banyak pengguna yang mengeluhkan kondisi tersebut di social media. Mereka merasa dirugikan karena telah membayar langgganan bulanan dan tidak bisa memainkannya, terutama saat weekend.
Lumpuhnya jaringan layanan PSN ini juga berdampak pada sejumlah game besar, salah satunya yaitu Call of Duty.
Biasanya, para pemain akan menikmati promosi akhr pekan yang menawarkan double XP untuk Black Ops 6 dan Warrzone. Namun, akibat gangguan tersebut banyak pengguna yang merasa dirugikan.
Oleh karena itu, melansir dari laman Reuters menjelaskan bahwa pihak Sony telah memberikan kompensasi kepada para penggunanya yang terdampak. Mereka memberikan perpanjangan layanan PlayStation Plus selama lima hari untuk pelanggannya.
Temukan artikel lainnya dari Dwi Ajie! Ikuti Gamefinity di Facebook, Instagram dan TikTok untuk update terbaru. Jangan lupa top up game lebih mudah pakai QRIS hanya di Gamefinity!
Post Terkait: