GAMEFINITY, Jakarta – Tak heran visual Death Stranding 2 terlihat begitu nyata! Sang kreator jenius, Hideo Kojima, kembali membagikan cuplikan di balik layar yang menjelaskan mengapa game ini akan tampil begitu memukau. Cuplikan terbaru menunjukkan sesi “lokakarya pencahayaan live-action” yang dilakukan Kojima Productions lebih dari dua tahun lalu, memberikan gambaran jelas tentang dedikasi mereka terhadap detail.
Eksperimen Mendalam Death Stranding 2
Dalam video singkat yang dibagikan Kojima di Twitter, terlihat aktris Shioli Kutsuna, pemeran karakter Rainy di Death Stranding 2, menjadi model dalam sesi tersebut. Dengan cahaya biru di satu sisi wajah dan merah di sisi lain, Kutsuna bergerak untuk menunjukkan bagaimana interplay cahaya dapat mengubah warna dan bahkan bentuk fitur wajah seseorang. Kojima menjelaskan bahwa ini adalah bagian dari lokakarya yang diadakan untuk stafnya sekitar dua setengah tahun lalu, mengundang seorang direktur pencahayaan untuk memberikan pelatihan intensif.
Sebagai seorang cinephile sejati – bahkan bio Twitter-nya menyatakan “70% tubuhku terbuat dari film” – tidak mengherankan jika Kojima ingin memastikan timnya menguasai teknik pencahayaan realistis, bahkan dalam dunia video game.
Baca juga:
Tantangan Representasi Kulit Asia di Death Stranding 2
Kojima juga pernah mengungkapkan kesulitan dalam membuat karakter Asia terlihat akurat dalam grafis komputer (CG), terutama wanita muda dengan kulit mulus yang sering terlihat “terlalu halus” atau “buatan”. Ia kemungkinan menggunakan Kutsuna dalam uji coba ini untuk mengatasi tantangan tersebut.
“Kali ini, berkat teknologi baru, hasilnya jauh lebih baik, dan saya cukup puas,” ujar Kojima, menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan representasi berbagai warna kulit dan detail dalam game. Ini adalah kabar baik bagi industri game, menunjukkan upaya Kojima untuk memajukan medium dan membantu seniman mencapai akurasi tone kulit yang lebih baik.
Proses di Balik Adegan Aksi
Selain pencahayaan, Kojima juga sempat memamerkan “rekaman uji coba awal” dari tiga tahun lalu untuk adegan aksi “Tomorrow’s awakening”. Video tersebut menunjukkan seorang aktor dengan pakaian motion capture lengkap dengan sensor, tampak “berenang” di udara sambil didorong oleh dua orang di sebuah rig berputar.
Meskipun terlihat lucu melihat aktor dengan kostum mocap penuh bobolan, cuplikan ini menegaskan betapa banyak upaya fisik yang dilakukan dalam merekam adegan aksi dan cutscene di Death Stranding 2. Dedikasi Kojima Productions terhadap setiap detail, mulai dari pencahayaan hingga pergerakan karakter, adalah alasan mengapa ekspektasi terhadap visual Death Stranding 2 begitu tinggi.
Post Terkait: